Bubur Suro [suran]

1 Muharam atau dikenal juga dengan 1 Suro yang merupakan bulan pertama dalam penanggalan Hijriyah. Beberapa tradisi digelar dalam menyambut pergantian di tahun baru islam ini. Sebagai orang yang masih nguri-nguri budoyo, ibuku slalu menyajikan hidangan khas suro sebagai tradisi yang beliau pelihara sampai sekarang. Bubur suro [suran] namanya. Makanan yang terbuat dari beras, santan, dimix dengan tulang iga sapi, ditambah dengan irisan jagung manis dan kacang merah.

diicip yuukz..... :)
Meskipun rasa bubur'nya cukup lezsit perlu ditambah lauk sebagai pelengkap lainnya. Ibuku memilih pelengkap yang simpel dan gampang dibuat. Seperti, perkedel, telur dadar, petis n kering tempe, ditambah sayuran [wortel, daun kemangi, irisan cabe merah].

ada yang mau..huhuhu :D
Untuk urusan masak memasak, ibu mang jago'nya. buburnya dibikin dalam  panci presto jadi dalam waktu singkat, sudah mantang. Cuma butuh duapuluh menit saja.

siap beredar,......yang mau cuuuuung :p
Met Tahun Baru yaa temans....*biarpun telat ngucapinnya. Smoga lebih super dari tahun-tahun sebelumnya.

63 comments:

  1. weiszz... coba undang kami para anggota "KPK" ke situ Mbak. soal bubur, semua pada jago.

    ReplyDelete
    Replies
    1. "KPK" dalam tanda kutip yaa pak zach....*agak mencurigakan...hehehe

      Delete
    2. Blogger di KPK hanyak yang suka Bubur dan memiliki Panci. Hiehieie Bang Zach sudah ke sini. RUpanya bener bener tergila gila sama Bubur hiehiehiehie, Mantapsssssss


      Ini artikel keren karena nulis BUBUR heiheiie.
      Bubur never dies

      Delete
    3. tuh tanya mas Indra sama Kang Asep.

      Delete
    4. klo gitu saya tak nulis tentang bubur aja gen selalu dipromosikan dan disambangi personel KPK... :p

      Delete
    5. Misi-misi...disini boleh OOT gak?

      Delete
    6. dan buburpun sudah habis dimakan..

      Delete
    7. btw, ayo donk para anggota KPK harus kasih G +1 utk postingan ini...

      #krn mbahas bubur

      Delete
    8. KPK, ngegebrek rumahqu...aduuuuh...tolooong...toloooong :P

      Delete
    9. kawan kawan mari kita hancurkan kotak komen di sini karena memosting Bubur. Horeeeeeeee serbuuuuuuuuuuuuu

      Delete
  2. Waduh..enaknya..banyak banget lauknya jeng. kalah ya bubur ayam he he he.
    Emak nggak mbuat kayaknya
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...pakdhe ki bisa aja. serahkan pada emak sy...*cliiing langsung jadi.
      maturnuwun dhe :)

      Delete
  3. Belum pernah aku coba bubur Suro... @.@

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga sah nyobain un ntar malah ketagihan :D

      Delete
  4. Saya juga belum pernah mencoba bubur suro mba...
    Mungkin karena daerah saya tidak pernah mengadakan hal seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya di jawa udah ga banyak yg bikin bubur kek gini pak, cuman ibu sy masih melestarikan tradisi... :)

      Delete
  5. Waaahhhh ada BUBUR ...... Kang Asep pasti suka sama ini..
    :D


    Komentar : itu warna buburnya mirip Bubur Kacang Ijo yaah?
    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. krm via mimpi yaa biar pak asep bs nyobain :D

      ga mirip2 banget ah,bubur suran kan agak kekuning2an gitu n lbh kental dibanding burjo

      Delete
    2. soalnya aku suka bubur kacang ijoo :D


      ohya, postingmu dipromosikan sama kang Asep lhoo di komentar blog ku ...
      Itu menandakan bahwa anggota KPK suka banget sama bubur :D

      Delete
    3. aduuh KPK,..bikin saya semakin bingung :S

      Delete
    4. bubuuuuuuuuuuuurrr..!! mana buburnya?............

      Delete
    5. udah diabisin ma ms rudy semalem :P
      msuk dapur ga pake permisi :p

      Delete
  6. Warna bubur untuk mengingatkan berakhirnya musibah banjir zaman Nabi Nuh ya?

    waaa, saya suka semua lauk-nya, kecuali daun kemangi..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee....padahal enak lho..ayuuk cobain :D

      Delete
  7. ini tradisi daerah mana mbak??

    soalnya ndek tempatku gak da yg kaya gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. tradisi ibuku dari daerah wonogiri. meskipun skarang udh menetap di pekalongan tp tradisi ini tetap beliau jaga sampe skrg :)

      Delete
  8. Di tempatku nggak ada kebiasaan bikin bubur seperti ini Mbak. Eserius itu bikin bubur cuma 20 menit? Cepettt amat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee...iya mba ni tradisi ibuku yg diturnkan dr simbahku.... *jd maluu :D

      serius lha...yg lama bikin pelengkapnya*perkedel..haahaahaa

      Delete
  9. loh aku gak diundang nih buat makan buburnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba sinio....*mumpung buburnya udah habis ,...xixixi

      Delete
  10. Replies
    1. bener mas,...tradisi unt menyambut datangnya 1 Muharram :)

      Delete
  11. met tahun baru juga yah salam kenal dari bloger jogja

    ReplyDelete
  12. naah... bubur suran yg ini sangat lengkap, gak kaya' bubur suran minimalis punyaku kemarin hehe... nyam2 ya Yun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar minimalis yg penting rasanya to mba....hihihi
      wah kalah cepat ni ma mba mechta,...bru bikin postingannya skrg... :D

      Delete
  13. waahhh aku belum pernah cobain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mau cobain mesti ksini dulu...hahaha

      Delete
  14. Kalau dalam campurannya terdapat tulang iga sapi, pasti bubur ini terasa begitu gurih. Dan Bubur suro ini adalah tradisi tahunan ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. k0q tau si mas,..abis nyicip dr dapur sy yaa..hee :D
      iya mas, sudah menjadi agenda tahunan ibuk sy

      Delete
    2. Hihi...iya lho Mbak, udah kebayang aja lezatnya kayak gimana, apalagi diracik oleh tangan ahli seperti Ibu, pasti mak jreng tuh rasanya. :D

      Delete
    3. yo mesti makjreng...*koyo opo wae makjreng :D

      Delete
  15. asli ne bikin ngiler semua,,,,
    nyam nyam
    kunjungan perdana ne mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sediain tisu yaa sebelum ilernya lari kmana2..hehehe

      ths kunjungannya :D

      Delete
    2. aduh,, coba da cara buatnya aq buat dah mbk,,

      tisu na abis seharian ngiler ne :(

      Delete
    3. cara buatnya gampang k0q, mnt tlg aja ma doraemon :D

      Delete
  16. bubur suro ditempatku rasanya campur aduk ^^
    g terlalu doyan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini jg campur aduk mba,....lebih dominan rs gurihnya..hehe :D

      Delete
  17. enak nih kelihatannya boleh dong pesen satu delivery ke bogor,hehe..:p
    klo di kosan aku suro gak ada masik2,,paling masak2 klo idul adha dan tahun baru,hehe..:p

    mapi ke EPICENTRUM ya..:)

    ReplyDelete
  18. kok belum pernah merasakan bubur ini ya? Di Madiun ndak ada kayaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini juga ga ada mba, alias ga d jual.jd hrs bikin sendiri....whehehe :D

      Delete
  19. maaaaauuuuuuuu....
    kirimin donk kesini
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beres deh ..tunggu jam 12 malam teeng yaa :p

      Delete
  20. Yummii.. Jadi pengen icip2 buburnya.. :)

    ReplyDelete
  21. Wah sebagai penikmat BUBUR.. saya jadi tergoda dengan postingan ini.. salam kenal ya mbak.. :)

    Nyicip boleh ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok,....sebagai anggota KPK wajib hukumnya sarapan dengan bubur biar badan tmh sehat,seger,buger,waras,,....hehehe :D

      tengkiu :p

      Delete
  22. Seph, keluarga saya juga masih sering buat bubur suro kayak gini kak :)

    ReplyDelete

*tinggalin komentar disini yaa teman....
jika saya ga bisa me'reply langsung, insyaallah saya akan berkunjung ke blog teman-teman. dont worry be hepi...